Operator Boat Diduga Buang Oli di Laut, KKP Nusa Penida Telusuri Pencemaran Laut di Perairan Sental

Kantor KKP (Kawasan Konservasi Perairan) Nusa Penida menerima laporan dugaan pencemaran lingkungan di Perairan Banjar Sental

Operator Boat Diduga Buang Oli di Laut, KKP Nusa Penida Telusuri Pencemaran Laut di Perairan Sental
KKP Nusa Penida
Perairan di Dusun Sental, Desa Ped, Nusa Penida tercemar oli, Rabu (20/2/2019). Diduga oli tersebut dibuang oleh salah satu operator boat yang beroperasi di Nusa Penida. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kantor KKP (Kawasan Konservasi Perairan) Nusa Penida menerima laporan dugaan pencemaran lingkungan di Perairan Banjar Sental, Desa Ped, Nusa Penida.

Diduga ada boat yang ganti oli dan membuang oli bekas di laut.

Kepala Kantor KKP Nusa Penida I Nyoman Karyawan menjelaskan, setelah menerima informasi pihaknya langsung melakukan pengecekan ke Perairan Sental, Desa Ped.

Baca: Luna Maya Tiba-tiba Nangis Sambil Ke Belakang Panggung Saat Dengar Lagu Kejora Tentang Patah Hati

Baca: Koster Akui Lakukan Aksi Spontanitas, Ikuti Proses Soal Laporan Kampanye ke Bawaslu

Ketika itu arus air laut cukup kuat, sehingga petugas KKP tidak menemukan jerigen oli yang diduga dibuang ke laut.

"Kami sudah cek ke lokasi, dan pencemaran itu benar adanya. Tapi karena arus air yang kuat, kami tidak temukan jerigen yang diduga dibuang ke laut," ujar Nyoman Karyawan, Kamis (21/2/2019).

Baca: Menara Astra Menandai 62 Tahun Astra Menginspirasi Negeri

Baca: Sambut HUT Kota Denpasar ke-231, SPSI Bali Gelar Donor Darah

Setelah melakukan pengecekan tersebut, pihak KKP Nusa Penida langsung mengumpulkan informasi untuk mencari tahu pihak boat mana yang membuang oli tersebut ke laut.

"Di lokasi itu memang ada beberapa boat yang beroperasi. Kami langsung hubungi semua operator boat di Sental dan Buyuk. Namun belum mendapatkan informasi siapa yang melakukan itu. Semua belum mengaku," jelas Karyawan.

Baca: Banyak Yang Tak Tahu, Ternyata Aktor Terkenal Ini Cucu Cawapres KH. Maruf Amin

Baca: Gadis 22 Tahun Diperkosa Pria Bertopeng

Pihak KKP pun telah berkoordinasi dengan Camat Nusa Penida, dan berencana akan mengumpulkan semua operator boat di Nusa Penida untuk membahas pencemaran lingkungan ini.

"Hari ini dari Satpol PP Nusa Penida juga turun untuk mencari informasi terkait pencemaran di laut itu. Kami dari KKP juga masih tetap mencari tahu operator boat yang melakukan ini," tegas Karyawan.

Baca: Bongkar Skandal Pengaturan Skor, Najwa Shihab Sempat Ditawari Jadi Ketum PSSI, Ini Jawabnya

Baca: Meriahkan HUT Kota Denpasar ke-231, Pemkot Gelar Safety Riding

Jika nanti telah ditemukan siapa yang melakukan pencemaran itu, pihak KKP akan langsung menyerahkannya ke pihak berwajib.

"Nanti sanksi tentu di tangan pihak berwajib. Kami sudah laporkan ke Polair Polres Klungkung, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Bali untuk segera mengambil langkah-langkah," jelasnya.(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved