CPNS 2019

Alasan Semua Pelamar CPNS Kota Denpasar dengan Suket E-KTP tanpa Foto Akhirnya Diluluskan 

Semua pelamar CPNS Kota Denpasar yang menggunakan suket perekaman e-KTP tanpa foto akhirnya diluluskan seleksi administrasi.

Alasan Semua Pelamar CPNS Kota Denpasar dengan Suket E-KTP tanpa Foto Akhirnya Diluluskan 
Tribun Bali/Putu Supartika
(ilustrasi) Peserta SKD CPNS Kota Denpasar di Makodam IX/Udayana, Rabu (14/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Semua pelamar CPNS Kota Denpasar yang menggunakan suket perekaman e-KTP tanpa foto akhirnya diluluskan seleksi administrasi.

Keputusan ini diambil setelah dilaksanakannya masa sanggah.

Sebelumnya, saat pengumuman seleksi administrasi, pengguna suket (surat keterangan) e-KTP tanpa foto ini tak diluluskan.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Denpasar, Komang Lestari Kusuma Dewi, Sabtu (28/12/2019) mengatakan terkait masalah suket sebagai pengganti e-KTP pada awalnya saat rapat Pansel CPNS Kota Denpasar untuk membahas materi persyaratan yang akan dimuat dalam pengumuman.

Anggota pansel dari Disdukcapil memberi masukan bahwa format suket telah diatur dalam SE Mendagri 471.13/10231/dukcapil tentang format suket pengganti e-KTP.

Sistem Pengupahan Per Jam Dalam RUU Omnibus Law Bisa Menjadi Madu Dan Racun

Kasus Perceraian di Karangasem Meningkat 20 Persen, 50 Persen Dipicu Medsos

"Apabila NIK pemilik identitas masih belum ditunggalkan di data pusat maka dalam suket Dukcapil Kota Denpasar, foto yang bersangkutan belum bisa muncul karena NIK masih double, sehingga apabila pelamar me-ngupload suket pengganti e-KTP tentunya harus dalam format sesuai ketentuan SE mendagri tersebut," kata Lestari.

Dalam perjalanan saat verifikasi, ternyata Dukcapil di beberapa daerah lain memiliki kendala teknis sehingga Suket yang data pemiliknya sudah tunggal karena kendala sistem internal di Dukcapil masing-masing daerah ternyata fotonya juga tidak muncul.

"Sehingga pelamar mengajukan sanggah karena bukan kesalahan pelamar. Oleh karena itu, untuk memberikan perlindungan kepada pelamar yang suketnya tidak muncul foto karena kendala sistem, Pansel rapat memutuskan ketentuan suket baik isi foto maupun tidak wajib diperlakukan sama. Jadi kami Pansel tidak melihat lagi apakah suket diterbitkan Disdukcapil Denpasar ataukan daerah manapun pansel memutuskan disetarakan," katanya.

Pihaknya pun mengingatkan pelamar CPNS Kota Denpasar Tahun 2019 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi tahap satu maupun hasil sanggah untuk mencetak Kartu Ujian di akun SSCASN masing-masing.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved