Opsi Rel Kereta 30 Meter di Bawah Tanah, LRT Bandara-Jineng Ground Breaking Juni 2020

Terkait rel dari LRT ini masih sedang didiskusikan, opsinya antara dibangun melayang atau berada di bawah tanah (underground) sedalam 30 meter.

Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Suasana rapat kerja antara Komisi III DPRD Bali dengan pihak Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai dan PT.Nindya Karya (Persero) membahas proyek pembangunan LRT Bandara-Terminal Jineng di Ruang Bapemperda Kantor DPRD Bali, Senin (27/1/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - DPRD Provinsi Bali, dalam hal ini Komisi III, mengundang pihak Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai dan PT Nindya Karya (Persero) untuk memaparkan rencana pembangunan Light Rapid Transit (LRT) atau lintas rel terpadu dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Kuta.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta mengatakan pihaknya terus membangun sinergi supaya proyek yang sedang diprakarsai oleh  PT Angkasa Pura I sebagai inisiator, dan PT Nindya Karya menggandeng Korea National Railway Authority (KRNA) sebagai investor dan penyedia teknologi ini bisa terealisasi.

Dikatakan Samsi dilihat dalam konteks sistem, LRT ini sudah masuk dalam masterplan Pengembangan Kereta Api Bali 2020-2024.

Hotman Paris: Pesawat Lion Air Mendarat di Wuhan, Lion Air Sebut Pulangkan Tamu dari Bali

Dari 140 Koperasi di Klungkung, 33 di Antaranya Tidak Sehat

Terduga Maling Dihakimi Massa hingga Tewas di Kuta, Pihak Keluarga Ambil Langkah Serius ini 

“Sekarang bahwa stepping-nya seperti apa, akan dilihat dari studi yang dilakukan oleh masing-masing pihak,” kata Samsi usai Rapat di Ruang Bapemperda Kantor DPRD Bali, Senin (27/1/2020).

Terkait rel dari LRT ini masih sedang didiskusikan, opsinya antara dibangun melayang atau berada di bawah tanah (underground) sedalam 30 meter.

Menurutnya, jika lintasannya berada di bawah tanah, maka tidak akan ada pembebasan lahan karena sebetulnya kedalaman 30 meter itu secara umum masih dikuasai negara. 

Pelaku Mengaku Dapat Pasokan dari Dalam Lapas, Polres Badung Akan Selidiki Narkoba ke Lapas

Pakai Dana CSR Rp 9,8 Miliar, Kantor Majelis Desa Adat Mulai Dibangun oleh Pemprov Bali  

Cerita Pilu Istri Aktor Yang Harus Dampingi Suaminya Karena Terjerat Narkoba, Sampai Keguguran

“Sesuai pengaturan ruang di bawah tanah memang dibatasi 30 meter. Supaya praktis, biasanya lintasan itu akan menggunakan ruang di bawah jalan raya sehingga kepentingannya relatif aman,” ujarnya.

Tujuan pembangunan LRT adalah mengurangi kekroditan saat check in di Bandara Ngurah Rai sehingga dibuatkan alternatif di Terminal Jineng, terutama untuk para pengguna public transport, seperti taksi dan sebagainya.

Jalur yang akan dilalui LRT Bandara-Jineng berjarak 4,8 Kilometer.

Tambah Samsi, sekarang proyek ini baru sampai tahapan inisiasi.

Rumah Industri Ganja Digerebek Polisi, Dua WNA Rusia Ditangkap di Puri Gading Kuta Selatan

Sakit Setelah Makan di Restoran China di Bali, Seorang Pasien Mengira Kena Virus Corona

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved