Corona di Indonesia

Belum Sediakan Hand Sanitizer, Dinkes Sarankan Kawasan Wisata Adakan Wastafel Lengkap dengan Sabun

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kesehatan Kabupaten Badung menyarankan kawasan wisata menyediakan wastafel lengkap dengan sabunnya.

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr. Nyoman Gunarta 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Merebaknya Virus Corona di berbagai daerah membuat masyarakat di Badung resah.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kesehatan Kabupaten Badung menyarankan kawasan wisata menyediakan wastafel lengkap dengan sabunnya.

Pasalnya hingga saat ini pihak Dinkes belum menyediakan hand sanitizer di sejumlah kawasan publik, utamanya kawasan pariwisata.

“Jadi fungsi hand sanitizer itu sebenarnya bisa disubstitisi dengan menyiapkan wastafel lengkap dengan sabun cuci. Sehingga itu jauh lebih efektif dan efisien pada kebutuhan massal,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr. Nyoman Gunarta saat dihubungi, Kamis (5/3/2020).    

Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Badung menyarankan agar masyarakat mencuci tangan dengan sabun untuk menghinari virus.

Belum Pensiun Sudah Disiapkan Pengganti, Pemkab Klungkung Buka Seleksi Pejabat Eselon II

Jovial da Lopez Akui Terlibat Cinta Lokasi dengan Kezia Aletheia

Hendak Beli Baju, Pengendara Motor Tertimpa Pohon di Jalan Raya Puputan Denpasar

Pihaknya mengatakan pada prinsipnya, untuk melawan virus harus menjaga kondisi badan dengan baik seperti halnya dengan melakukan pola makan yang sehat dan pola hidup sehat.

“Kita harus melakukan pola hidup sehat agar tidak mudah terserang virus. Namun cuci tangan itu juga sangat penting, namun cukup dengan menggunakan sabun,” katanya sembari mengatakan pola hidup sehat itu seperti tidak merokok,  tidak begadang, etika batuk dan bersin dengan baik juga.

Sejauh ini kata Gunarta, hand sanitizer sudah disediakan di sejumlah kawasan salah satunya di puskesmas dan rumah sakit.

Namun untuk di kawasan wisata memang belum ada. Maka dari itu, pihak Dinkes menyarankan solusi untuk membersihkan tangan dengan sabun.

Dampak Penurunan Wisatawan Akibat Corona, Vila di Pejeng Kaja Potong Hari Kerja Karyawan

Badan POM Dorong Daya Saing UMKM di Bali, Saatnya Produk Lokal Go Internasional

Terancam Dinonaktifkan, DPRD Karangasem Akan Carikan Solusi Terkait BPJS Kesehatan

“Untuk hand sanitizer, kita tidak menyediakan, tapi agar tangan terhindar dari virus atau bakteri lainnya bisa dilakukan dengan melakuan cuci tangan dengan sabun. Namun untuk tempat umum seperti mall atau tempat perbelanjaan publik dan layanan publik, kita himbau untuk menyediakan hand sanitizer. Hal itu pun untuk lebih praktis dan memberikan keamanan bagi pengunjung,” tegasnya kembali.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved