Corona di Bali

Jatah Bantuan Stimulus Usaha di Tabanan 4.600 Orang,Dewan Minta Verifikasi Serius Agar Tepat Sasaran

Hasil pendataan tersebut nantinya akan diusulkan untuk mendapat Program Bantuan Stimulus Usaha (PBSU) dari Provinsi Bali.

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Suasana rapat antara Komisi II DPRD Tabanan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Tabanan di Ruang Rapat DPRD Tabanan, Jumat (29/5/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Komisi II DPRD Tabanan menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Tabanan terkait pendataan UMKM yang terdampak covid-19 di Ruang Rapat DPRD Tabanan, Jumat (29/5/2020).

Hasil pendataan tersebut nantinya akan diusulkan untuk mendapat Program Bantuan Stimulus Usaha (PBSU) dari Provinsi Bali.

Untuk Kabupaten Tabanan dijatah kuota 4.600 orang dengan anggaran sekitar Rp 8,2 Miliar.

"Saat ini yang sudah terdata 3.500 orang, dan data ini masih berkembang," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tabanan, I Made Yasa, Jumat (29/5/2020).

Soal Wacana Bali Dibuka untuk New Normal, Koster Minta Pemerintah Pusat Tak Memutuskan Sepihak

Pelaksanaan PPDB SMP di Bangli Digelar Selama Dua Pekan, Begini Mekanisme Pendaftarannya

Penyebab Tunjangan untuk Tenaga Medis Corona Belum Bisa Dicairkan, Begini Penjelasan Kemenkeu

Yasa melanjutkan, bantuan stimulus ini nantinya diberikan selama tiga bulan.

Per bulan akan mendapat Rp 600 ribu. Kemudian mengenai syarat yang harus dipenuhi diantaranya harus KTP Bali, memiliki KK, ada rekomendasi dari Adat, dan paling penting belum pernah mendapat bantuan.

Jadi tujuannya agar semua merata mendapat bantuan. Selain itu sebelumnya juga diperlukan fotocopy rekening, namun saat ini masih diberi kebijakan bisa dilampirkan setelah tahap verifikasi.

Kendala selama ini adalah rekening, kata dia, karena tidak semua masyarakat yang punya usaha tersebut memiliki rekening.

"Untuk rekening nanti nyusul bisa dilakukan, karena jika saat dianggap berat. Nanti setelah verifikasi bisa mengurus rekening tersebut, karena bantuan dana tersebut nanti akan langsung diterima oleh penerima ke rekening yang bersangkutan," jelasnya.

Disinggung mengenai target penyelesaian pendataan penerima bantuan stimulus untuk UMKM di Tabanan, Yasa menyatakan sesegera mungkin karena penerima cukup banyak dan harus dilakukan verifikasi.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved