Ajak Masyarakat Puputan Melawan Sampah Plastik, Suwirta Cetuskan Ide Inovasi Gema Tansaplas

Ide Inovasi Gema Tansaplas ini dicetuskan Bupati Suwirta, untuk mengajak semua pihak untuk memerangi sampah plastik.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melaunching inovasi Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) dan Koperasi Gema Nadi Lestari (khusus mengola sampah) di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Jumat (5/6/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melaunching inovasi Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) dan Koperasi Gema Nadi Lestari (khusus mengola sampah) di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS)  Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Jumat (5/6/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), Saut Marpaung, General Manager PT. Indonesia Power Bali Power Generation Unit, Erwin Putranto, Ketua TP-PKK Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, Kadis DLHP Anak Agung Kirana serta seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Klungkung.

Ide Inovasi Gema Tansaplas ini dicetuskan Bupati Suwirta, untuk mengajak  semua pihak untuk memerangi sampah plastik.

" Melalui inovasi ini, DLHP maupun komponen masyarakat kami ajak untuk menyelamatkan Bumi ini dari kita sendiri," jelasnya.

Miliki 32 Paket Sabu dan Ekstasi Siap Edar, Rizqy Diganjar 14 Tahun Penjara

Geger Penemuan Mayat di dalam Kamar Kos Elit Jalan Mahendradatta, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Ekonomi Tumbuh 2,9 Persen Saat Pandemi Covid-19, Politisi Gerindra Sebut Tim Ekonomi Jokowi Pahlawan

Bupati Suwirta berharap program Gema Tansaplas benar-benar tepat sasaran, dan bisa memberantas masalah sampah khususnya sampah plastik.

"Inspirasi dari sebuah puputan ini, merupakan sebuah gerakan habis-habisan ditengah upaya kita memerangi sampah plastik yang belum selesai. Maka dari itu puputan ini sebagai upaya dan langkah kita bersama menyelesaikan sampah plastik," ujar Bupati Suwirta

Program inovasi ini dilaksanakan dengan menggandeng  Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) yang nantinya menyerap dan mengolah sampah plastik. Serta melibatkan PKK untuk terlibat dalam koperasi yang dibentuk.

"Inovasi ini tidak serta merta langsung menyelesaikan masalah. Kami butuh dukungan masyarakat, dan perlu komiten masyarakat luas. Serta diperkukan  ketegasan kita dalam memberikan sangsi tegas. Kami juga buat memberikan hadiah kepada masyarakat yang taat, terhitung tuju hari dari launching program ini," tandasnya.

Program Gema Tansaplas ini, pihaknya menugaskan semua kepala desa untuk membuat TOSS (tempat olah sampah setempat) Desa dan diharuskan memilah sampah organik dan anorganik.

Khusus untuk sampah plastik yang dikumpulkan, nantinya akan dikelola Bumdes yang bekerjasama dengan koperasi yang sudah dibentuk.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved