Breaking News:

Diduga Lakukan Penganiayaan terhadap Karyawannya, WN Irlandia Ini Dituntut Sepuluh Bulan Penjara

Dalam surat tuntutan yang dibacakan di hadapan majelis hakim Putu Gede Novyartha, Jaksa Ni Made Neotroni Lumisensi menyatakan, tidak ditemukan alasan

Tribun Bali/Putu Candra
Terdakwa Ciaran didampingi penerjemahnya saat menjalani sidang tuntutan yang digelar secara tatap muka di PN Denpasar, Kamis (10/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Irlandia, Ciaran Francis Caulfield (53) menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (10/9/2020).

Ciaran sendiri menjalani sidang tuntutan secara langsung atau tatap muka, karena tidak dilakukan penahanan.

Oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdakwa Ciaran dituntut pidana penjara selama sepuluh bulan karena diduga melakukan penganiayaan terhadap karyawannya, Ni MWP (korban).

Dalam surat tuntutan yang dibacakan di hadapan majelis hakim Putu Gede Novyartha, Jaksa Ni Made Neotroni Lumisensi menyatakan, tidak ditemukan alasan pemaaf untuk terdakwa.

Bali Dipilih Kemnaker Sebagai Kota Pertama Roadshow dari Naker Tanggap Covid 2020

Dias Angga Harap Para Pemain Bali United Harus Jaga Team Work saat Lawan PS Tira

RSUD Buleleng Kini Miliki Satu Alat Uji Swab Covid-19

Sehingga harus dijatuhkan hukuman setimpal dengan perbuatannya. Pula ia mengurai hal meringankan dan memberatkan sebagai pertimbangan mengajukan tuntutan.

"Hal memberatkan, perbuatan terdakwa mengakibatkan rasa sakit terhadap korban. Terdakwa melakukan penganiayaan yang merendahkan derajat wanita," papar jaksa dari Kejati Bali itu.

 Sedangkan hal yang meringankan, sebelum penganiayaan terjadi, terdakwa telah berbuat baik kepada korban sebagai karyawan.

Selain itu, terdakwa berbuat penganiayaan karena ulah korban yang menggelapkan dana perusahaan. Pun, terdakwa juga bersikap sopan di persidangan.

Usai mengurai hal memberatkan dan meringankan, Jaksa Lumisensi pada pokok tuntutannya menilai terdakwa telah terbukti bersalah melakukan penganiayaan sebagaimana Pasal 351 ayat (1) KUHP.

"Menuntut, meminta majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ciaran Francis Caulfield dengan pidana penjara selama sepuluh bulan, dikurangi masa penahanan," tegasnya.

Halaman
123
Penulis: Putu Candra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved