Breaking News:

Serba Serbi

Pura Dalem Pingit, Saksi Sejarah Pertama Kali Gajah Mada Menginjak Pulau Bali

Pertama kali maha patih Gajah Mada turun di tanah Bali adalah di Pura Dalem Pingit

Penulis: AA Seri Kusniarti | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Pura Dalem Pingit, Samplangan, Gianyar, Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Kisah patih agung kerajaan Majapahit, Gajah Mada, selalu unik untuk diceritakan.

Ida Sri Bhagawan Sabda Murthi Dharma Kerti Maha Putra Manuaba, menceritakan awal kedatangan Gajah Mada ke Bali menaiki sebuah perahu kayu.

“Setelah membaca Babad Dalem, dan beberapa babad lainnya terkait sejarah dinasti Dalem Samprangan. Pertama kali maha patih Gajah Mada turun di tanah Bali adalah di Pura Dalem Pingit ini,” jelasnya kepada Tribun Bali, Selasa (3/11/2020).

Gajah Mada, jelas Ida Bhagawan, memiliki misi untuk menyatukan nusantara, termasuk Bali yang kala itu masih dikuasai Raja Bedahulu.

“Gajah Mada naik perahu dari Jawa ke Bali, kemudian masuk dari pelabuhan Rangkung di Pantai Lebih, Gianyar. Menyusuri sungai turun di Dalem Pingit, Samplangan, Gianyar,” ujarnya.

Ida Bhagawan menjelaskan, dari bawah sungai Gajah Mada mendaki ke atas dan membuat perkemahan di Tegal Sahang, Samplangan, Gianyar, Bali.

Kemudian berdasarkan Babad Dalem, dan beberapa babad lainnya, ketika Gajah Mada berhasil mengalahkan Raja Bedahulu dan menaklukkan Bali.

Kerajaan Majapahit, kemudian mengutus Ida Bhatara Dalem Sri Aji Kresna Kepakisan ke Bali.

“Kemudian beliau dinobatkan sebagai adipati Bali Dwipa oleh Raja Majapahit. Lalu berangkatlah ke Bali dengan rombongan dari jalur yang sama dengan jalur sungai yang ditempuh Gajah Mada,” jelas Ida Bhagawan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved