Breaking News:

Berita Tabanan

Biaya Swab Test di Rumah Sakit Tabanan Kini Rp425 Ribu, Disesuikan Dengan SE Kemenkes Terbaru

Badan Rumah Sakit Umum (BRSU) Tabanan telah menyesuaikan tarif Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Karsiani Putri
ist
ILUSTRASI 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Badan Rumah Sakit Umum (BRSU) Tabanan telah menyesuaikan tarif Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) atau biaya swab test sejak Selasa 17 Agustus 2021 lalu.

Penyesuaian ini turun hingga 50 persen lebih.

Ini sesuai demgan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) RI Nomor HK.02.02/I/2845/2021 yang diterbitkan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Tabanan Sediakan 536 Bed untuk Pasien OTG dan Gejala Ringan, 4 Lokasi Isoter Sudah Disediakan

"Sudah kita sesuaikan per 17 Agustus kemarin. Sehari setelah surat edaran Kemenkes itu diterbitkan," jelas Direktur BRSUD Tabanan, dr I Nyoman Susila saat dikonfirmasi Jumat 20 Agustus 2021. 

dr Susila melanjutkan, sesuai surat edaran Kemenkes tersebut, tarif tertinggi RT-PCR di Pulau Jawa dan Bali maksimal Rp495 ribu.

Ini hanya berlaku untuk tes mandiri sebagai syarat bagi warga yang hendak melakukan perjalanan dengan transportasi udara.

BACA JUGA: Kisah Sri Rintis 'Kripik Biru' yang Populer di Bali, Khas Berbahan Kepala dan Leher Ayam

Kemudian, atas SE tersebut pihak Rumah Sakit Tabanan mengklaim bahwa tarif yang ditetapkan sejauh ini paling rendah, yakni Rp425 ribu.

Sedangkan tarif sebelumnya ada pada posisi Rp900 ribu.

Namun, kata dia, pihaknya akan menyesuaikan tarifnya kembali dengan melihat biaya di rumah sakit lainnya agar terjadi kesamaan di Provinsi Bali.

"Tapi nanti kita akan sesuaikan dengan tarif yang berlaku di rumah sakit lainnya di Bali. Kami pasang rendah dulu sambil melihat tarif di rumah sakit lainnya agar ada kesamaan. Disamping itu ini juga terkait dengan biaya operasional," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved