Berita Bangli

Satu Suara Dihargai Rp5000, Gerindra Bangli Terapkan Pola Subsidi Silang Antar Caleg

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Bangli menargetkan satu kursi dari masing-masing dapil dalam Pileg 2024 mendatang.

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Ketua DPC Gerindra Bangli I Made Joko Arnawa 

 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Bangli menargetkan satu kursi dari masing-masing dapil dalam Pileg 2024 mendatang.

Untuk merealisasikan target ini, Gerindra telah menyiapkan pola subsidi silang antar caleg.


Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC Partai Gerindra Bangli, I Made Joko Arnawa, saat ditemui Jumat (19/8/2022).

Joko Arnawa menjelaskan, pola subsidi silang yang dimaksud yakni jika dalam satu dapil ada calon yang lolos, maka calon tersebut wajib memberikan subsidi pada rekanan-rekannya.

"Dia jadi DPR ini kan ditunjang oleh calon-calon lain yang tidak dapat di dapil itu. Karena mungkin mereka hanya dapat suara 500, 300, dan sebagainya," ucap dia.

Baca juga: Ratusan Anak SD Ikuti Pawai Sepeda Hias HUT RI ke-77 di Bangli


Terhadap suara-suara penunjang ini, lanjut Joko Arnawa, selanjutnya dihargai Rp5 ribu per suara. Dengan catatan caleg tersebut minimal mendapatkan 200 suara.

"Subsidi ini dibayarkan tiap bulan selama 60 bulan, atau selama masa jabatannya sebagai anggota dewan. Tentu saja untuk kepastian hukumnya akan dibuatkan pernyataan di hadapan notaris," ungkapnya.


Mengacu data Pileg 2019, minimal suara seorang caleg mendapatkan kursi dewan adalah 2300. Yang mana suara tersebut merupakan akumulasi dalam satu dapil. Namun dalam hal ini, pihaknya menggunakan angka minimal 2500 suara.

Baca juga: Sakit dan Tak Punya Biaya Berobat, PMI Asal Bangli Minta Tolong Dipulangkan ke Bali


Diketahui pada Pileg 2019, Partai Gerindra hanya mampu meraih satu kursi. Jumlah ini mengalami penurunan dari pileg 2014, yakni tiga kursi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved