Breaking News:

Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha di Bali Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Pemerintah melalui Sidang Isbat menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020.

Freepik
Ilustrasi Idul Adha 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah melalui Sidang Isbat menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. 

Berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Adha kali ini akan dilalui masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan akan dilakukan baik saat penyelenggaraan shalat Idul Adha maupun saat penyembelihan hewan kurban.

“Masyarakat muslim di Bali bisa melaksanakan rangkaian Idul Adha baik itu salat Idul Adha maupun penyembelihan kurban dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” ujar Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali H. Nurkhamid, Kamis (23/7/2020) saat dihubungi tribunbali.com.

Beredar Isu Thermo Gun Bisa Rusak Otak, Pengunjung Lapangan Renon Tak Mau Cek Suhu di Kepala

Pengajuan Dispensasi Nikah di Denpasar Meningkat, Rai Mantra Siapkan Strategi

Pakar WHO Sebut Secara Realistis Vaksin Covid-19 Baru Bisa Digunakan pada 2021

Protokol kesehatan yang dimaksud yakni jaga jarak antar jamaah minimal satu meter, memakai masker, dilakukan cek suhu tubuh, membawa sajadah sendiri dari rumah, dan termasuk panitia penyelenggara menyediakan hand sanitizer.

Penyelenggaraan salat Idul Adha baik di masjid, mushala maupun lapangan menurutnya dapat digelar namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang dimaksud diatas tadi.

“Dari Satgas Provinsi justru menyarankan penyelenggaraan salat Idul Adha di lapangan karena ruang terbuka. Tapi tetap protokol kesehatan diterapkan. Untuk di Musholla dan Masjid dibatasi maksimal 40 persen dari kapasitas normal karena ada jaga jarak,” imbuh Nurkhamid.

Ia lebih lanjut menyampaikan beberapa waktu ini untuk kegiatan salat jumat sudah tertib berjalan seperti itu (protokol kesehatan) mudah-mudahan tidak ada masalah, karena masyarakat sudah mulai memahami protokol dan kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan ibadah.

Begini Pesan Khusus Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara di Hari Anak Nasional 2020

Soal Keluhan Biaya SPP SMP Swasta di Denpasar, Kadisdikpora Sebut Hanya Rancang Subsidi Uang Pangkal

Selama 2020 Pengajuan Dispensasi Nikah di Denpasar Meningkat Dua Kali Lipat

Saat disinggung berapa titik penyelenggaraan salat Idul Adha di lapangan di wilayah Denpasar dan sekitarnya, Nurkhamid belum mendapatkan data pastinya.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved