Breaking News:

Berita Jembrana

Kompensasi Sapi Dipotong Bersyarat Belum Ada Kepastian, Pemkab Jembrana Tunggu Konfirmasi Pusat

Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan kini masih menunggu konfirmasi pemerintah pusat terkait kompensasi kepada peternak

Tribun Bali/Ratu
Sapi di Kecamatan Gerokgak, saat hendak dipotong bersyarat akibat terpapar PMK beberapa waktu lalu 

 


TRIBUN BALI,NEGARA- Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan kini masih menunggu konfirmasi pemerintah pusat terkait kompensasi kepada peternak yang sapinya dipotong bersyarat.

Total ada 32 ekor sapi milik 18 peternak di gumi makepung yang dipotong karena terindikasi PMK pada bulan Juli lalu. Sehingga, dengan ganti rugi Rp 10 Juta per ekor, Jembrana akan mendapat alokasi dana dari ousat sebenar Rp 320 Juta. 


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Sutama mengatakan, pada awal bulan Juli 2022 lalu, sebanyak 34 ekor sapi yang terindikasi dan positif PMK.

Namun yang dipotong bersyarat hanya 32 ekor. Sebab, dua ekor lainnya karena dipotong paksa sendiri dan satu ekor mati. 


"Tidak semua dipotong bersyarat. Total ada 32 ekor yang dipotong bersyarat," kata Sutama saar dikonfirmasi, Selasa 30 Agustus 2022.


Dsri 32 ekor tersebut, kata dia, hewan ternak kaki empat itu didominasi oleh peternak yang tergabung dalam Kelompok Simantri 308 Desa Pergung. Kemudian ada dsri Kelurahan Tegalcangkring, Desa Banyubiru hingga Desa Manistutu. 

Baca juga: Gula Darah Tinggi? Ini 5 Cara Menurunkan dengan Cepat dan Natural, Salah Satunya Minum Air Putih


Dia melanjutkan, kemudian untuk dokumen agar peternak mendapat kompensasi senilai Rp 10 Juta per ekor juga sudah lengkap. Sehingga masih menunggu kepastian dari pusat untuk pencairannya. 


"Informasinya, kompensasi langsung dikirim atau masuk ke rekening peternak masing-masing. Kita hanya memfasilitasi, semua dokumennya sudah lengkap kok," ujarnya. 


Disisi lain, sembari menunggu kepastian pencairan kompensasi tersebut, petugas kesehatan hewan (Keswan) Jembrana terus melakukan vaksinasi PMK.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved