Breaking News:

Berita Klungkung

Antisipasi Inflasi Jelang Galungan, Pemkab Klungkung Pantau Ketersediaan dan Distribusi Komoditi

Rapat yang dihadiri Bupati Klingkung I Nyoman Suwirta itu, juga dilaksanakan untuk mengantisipasi inflasi dan lonjakan harga jelang Hari Raya Galungan

ist
Pemkab Klungkung menggelar rapat high level meeting (HML) dan capacity buildinh TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Kabupaten Klungkung bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Setda Klungkung Rabu (23/3/2021) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung menggelar rapat high level meeting (HML) dan capacity buildinh TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Kabupaten Klungkung bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Setda Klungkung, Selasa 23 Maret 2021.

Rapat yang dihadiri Bupati Klingkung I Nyoman Suwirta itu, juga dilaksanakan untuk mengantisipasi inflasi dan lonjakan harga jelang Hari Raya Galungan

Dalam rapat, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu  Winastra selaku Ketua Harian TPID Kabupaten Klungkung, menugaskan Dinas Pertanian untuk melakukan pembinaan Bima Juara antara subak dan KUD serta monitoring dan evaluasi terkait penyerapan gabah petani.

Juga meminta dilakukan pemantauan penyaluran beras lokal, karena banyak subak yang memasuki musim panen pada Bulan Maret.

Sementara Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, ditugaskan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan (Gema Pekarangan) di setiap rumah tangga melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Jelang Galungan, TPID Badung Intensifkan Ketersediaan dan Kenaikan Harga Bahan Pokok

Berkat Nabung Sampah, Warga Desa Sumerta Kelod Bisa Beli Daging Babi Setiap Galungan

Ini untuk memenuhi kebutuhan/konsumsi pangan ditingkat keluarga.

Juga melakukan pemantauan/monitoring ketersediaan (stok) dan harga, serta melakukan diversifikasi pangan lebih ditingkatkan dengan pelatihan pengolahan dan sosialisasi konsep B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman).

"Dinas Perhubungan juga agar melakukan pemantauan dan memberikan prioritas penyeberangan, terhadap kendaraan yang mengangkut bahan pangan dan barang kebutuhan pokok masyarakat di Nusa Penida. Ini juga untuk mencegah terjadinya kelangkaan bahan pokok untuk masyarakat," jelasnya. 

Rapat juga memberikan perhatian khusus pada harga cabai yang masih tinggi sampai saat ini.

Winastra menugaskan Dinas Pertanian, untuk melakukan pengoptimalan pembangunan infrastruktur pertanian serta memperhatikan musim tanam dengan trend kenaikan harga bahan pangan terutama komoditas cabai. 

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved