Sandang Persentase Penduduk Miskin Tertinggi Kedua di Bali, DPRD Soroti Kemiskinan di Klungkung

Jika ditinjau dari angka persentase, Klungkung masih menyandang persentase penduduk miskin tertinggi kedua, setelah Karangasem; yaitu sebanyak 5,86%

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom didampingi oleh Wakil Ketua DPRD I Wayan Baru, Kamis (23/4/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom didampingi oleh Wakil Ketua DPRD I Wayan Baru, Kamis (23/3/2020), memimpin rapat telelconference terkait Penyampaian LKPJ Bupati Klungkung Tahun Anggaran 2019.

Dalam rekomendasinya, anggota dewan masih menyoroti perihal tingkat kemiskinan di Klungkung.

Dalam sambutannya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan, penyampaian LKPJ Bupati Klungkung Tahun 2019 selain memenuhi kewajiban konstitusi juga dimaksudkan sebagai upaya membangun transparansi dan memperkuat check and ballance penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh DPRD.

Rata-Rata Pendonor Sampai 40 Per Hari, PMI Provinsi Bali Sebut Stok Darah Masih Mencukupi

Kasus Pencurian Pratima di Baturiti Tabanan Masih Buram, 2 Barang Curian Ditemukan di sekitar Lokasi

Cegah Covid-19, Pasar Ramadan di Kampung Jawa Ditiadakan, Penjualan Takjil Disarankan Online

Untuk itu, LKPJ Bupati Klungkung Tahun 2019 ini memuat tentang berbagai capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Klungkung, baik makro maupun mikro, yang dilaksanakan melalui penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan dan tugas Kepala Daerah.

"Di mana keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan tersebut dilandasi dengan semangat Gema Santi telah terbukti membawa Kabupaten Klungkung diakui di tingkat nasional melalui beberapa program inovasi daerah yaitu AGD Kris Top 99 inovasi daerah dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Mendapatkan Penghargaan/ Kota Layak Anak, serta Mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM," ungkap Suwirta.

Disiplin Isolasi, Banyuwangi Data Warga Pulang Kampung secara Online

Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadan Tahun 2020 untuk Kabupaten Buleleng

Ibu Hamil 7 Bulan Dinyatakan Positif Covid-19 di Denpasar

Pada akhir sambutannya, Suwirta menyatakan keberhasilan yang telah dicapai disadari masih ada kekurangan atau kelemahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

" Hal ini, tidak terlepas dari berbagai keterbatasan dan kendala yang masih dihadapi. Untuk itu, dibutuhkan dukungan, kerja sama dan partisipasi aktif dari semua pihak, khususnya Anggota Dewan yang terhormat, dengan bersinergi mencari solusi atas segala permasalahan yang ada," ungkap Suwirta.

AS dan WHO Jadi Target Sasaran Hacker, Google Deteksi 18 Juta Phising dan Malware Per Hari

Seluruh RTH di Kota Singaraja Ditutup, Masyarakat Diimbau Berolahraga di Rumah Masing-Masing

Dalam rekomendasi DPRD Kabupaten Klungkung yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD I Wayan Baru, dewan menilai secara umum kinerja Bupati Klungkung dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah selama tahun 2019 cukup baik.

Hanya ada beberapa koreksi yang perlu diatensi untuk penyempurnaan masa yang akan datang.

Meskipun secara kuantitas jumlahnya terkecil di Bali yaitu 10,43 ribu jiwa pada tahun 2018, namun jika ditinjau dari angka persentase, Klungkung masih menyandang persentase penduduk miskin tertinggi kedua, setelah Karangasem; yaitu sebanyak 5,86 %.

Masyarakat Diimbau Tidak Beraktivitas di Taman Kota Singaraja Selama Pandemi Virus Corona

Ramadhan 2020: Kapan Niat Puasa Sebaiknya Diucapkan, Bolehkah Dibaca Sekali untuk Sebulan Penuh?

"Untuk ini ke depan, diminta kepada  Saudara Bupati agar lebih fokus dalam pengentasan kemiskinan, serta lebih-lebih saat ini 2020 masyarakat sedang menghadapi bencana pandemik Covid19."

Lebih lanjut, mengenai realisasi PAD sebesar 99,54 % dari rencana (setelah Perubahan APBD 2019) sebesar Rp 226,08 miliar.

" Kami sangat mengapresiasi atas tindakan Saudara Bupati, untuk hal tersebut dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kewajiban membayar pajak daerah dan retribusi daerah sehingga perlu dilakukan langkah-langkah yang lebih nyata guna mencapai realisasi PAD 100%," jelasnya. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved